Home :: Ragam Lemari Arsip untuk Kantor

Ragam Lemari Arsip untuk Kantor

Masalah penyimpanan arsip di kantor dapat terselesaikan dengan menggunakan lemari arsip. Tidak mungkin untuk menyimpan arsip-arsip di kantor di dalam suatu ruangan dan diletakkan begitu saja. Diperlukan tempat dengan kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menata arsip-arsip tersebut. Terlebih lagi jika arsip yang harus disimpan memiliki tingkat kerahasiaan yang cukup tinggi sehingga tidak mungkin untuk menyimpannya di rak. Selain tidak dapat dijaga kerahasiaannya, arsip yang disimpan di tempat terbuka juga rawan terkena benda-benda yang bersifat merusak. Lemari arsip biasanya terbuat dari kayu atau material metal yang bersifat kuat, awet dan menjaga benda yang disimpannya. Arsip tidak dapat disimpan dalam lemari biasa untuk waktu yang lama. Kita juga tidak dapat menata arsip dengan baik di lemari biasa, yang ada hanya kesan "menyembunyikan tumpukkan arsip" di dalam lemari.

Material apapun yang digunakan untuk membuat lemari arsip, dapat dipastikan jaminan kualitasnya. Jika lemari untuk menyimpan arsip terbuat dari kayu, maka kayu yang digunakan adalah kayu yang kokoh dan kuat, ditambah dengan pelapis yang mengandung zat anti rayap. Selain itu kayu yang digunakan bukanlah kayu dengan kandungan air tinggi sehingga membuat kondisi lemari menjadi lembab. Lemari arsip yang terbuat dari bahan metal biasanya dilengkapai dengan anti karat dan anti api. Kekuatan lemari penyimpanan arsip dari bahan metal tidak diragukan kekuatannya sehingga banyak diminati oleh kantor-kantor. Selain itu bahan metal yang lebih ringan dari kayu juga memudahkan pemindahan lemari untuk kepentingan penataan ruang. Kelebihan lain dari lemari arsip yang terbuat dari metal adalah tingkat keamanannya yang tinggi karena sulit untuk dibobol.

Ukuran dari lemari arsip juga tidak kalah beragam. Meskipun fungsinya untuk menyimpan arsip secara masal namun disediakan juga lemari penyimpanan arsip dalam ukuran kecil. Lemari arsip dalam ukuran besar biasanya digunakan untuk ditempatkan di ruangan khusus untuk menyimpan arsip. Kapasitas penyimpanannya dapat memuat arsip dalam jumlah besar. Disediakan juga dalam ukuran sedang untuk digunakan di dalam ruangan kerja. Biasanya lemari dengan ukuran ini memiliki fungsi ganda, selain sebagai lemari juga bisa digunakan sebagai pembatas ruangan. Kedua ukuran lemari di atas memiliki bentuk klasik yaitu kotak. Tidak ketinggalan juga disediakan lemari yang dapat menyimpan arsip dalam ukuran kecil untuk menyimpan arsip dalam jumlah yang terbatas. Lemari arsip yang memiliki ukuran kecil ini yang memiliki banyak varian bentuk. Karena ukurannya yang kecil, lemari ini diharapkan dapat ditempatkan di berbagai bagian ruangan. Oleh karena itu selain berbentuk kotak juga disediakan lemari dalam bentuk busur yang cocok untuk diletakkan di sudut ruangan. Ada juga yang memiliki bentuk silinder yang cantik diletakkan di tengah-tengah ruangan dan bagian atasnya dapat difungsikan sebagai meja.

Tampilan dari lemari arsip saat ini kian dimodifikasi menyesuaikan dengan fungsinya. Dimulai dari bagian pintu lemari. Lemari klasik memiliki pintu dengan bukaan ayun, bukaan jenis ini memerlukan ruang khusus untuk daun pintunya saat dibuka, engselnya pun rawan dengan pembobolan sehingga dikembangkan dengan bentuk slidding. Lemari dengan pintu tipe bukaan slidding ini dapat menghemat tempat, tidak perlu menggunakan engsel dan hanya memerlukan rel. Kemudian modifikasi lain juga dilakukan pada tempat penyimpanan arsipnya. Ada lemari dengan bentuk penyimpanan klasik berbentuk rak-rak seperti lemari biasa. Kemudian bentuk ini dimodifikasi dengan beberapa varian rak di dalam lemari. Ada juga modifikasi yang melengkapi tempat penyimpanan dengan sekat-sekat sebagai pemisah antar arsip dan tempat untuk melampirkan label arsip sehingga arsip dapat tertata dengan lebih rapih. Kemudian sistem pengaman dari lemari arsip juga semakin beragam. Mulai dari kunci biasa, kunci dengan gembok, kunci dengan kombinasi hingga kunci digital yang memerlukan kode tertentu, sidik jari atau kartu khusus untuk membukanya.

Tampilan lemari yang diletakkan di tengah ruang kerja juga dipercantik dengan penambahan kaca pada pintunya maupun sisinya. Kaca yang digunakan adalah kaca tebal dengan ukuran kurang lebih 50mm sehingga tidak mengurangi keawetan dari lemari. Kaca bisa berupa kaca hitam polos untuk menambah kesan formal dan tegas atau kaca berornamen yang cantik. Cat lemari arsip dibuat dalam beragam warna netral sehingga sesuai untuk kantor dengan warna cat apapun. Jika menginginkan dalam tampilan yang lebih menarik juga disediakan dengan warna cat yang cerah serta dilengkapi dengan ornament yang menarik. Dengan beragam varian tampilan dan ukuran anda bebas memilih lemari arsip yang sesuai untuk kantor anda.